Jul 17, 2011

Beberapa Kiat Menentukan Warna Cat


“Jangan warna putih melulu, ah.” Barangkali kalimat ini pernah dilontarkan satu anggota keluarga saat Anda ingin menentukan warna cat untuk rumah. Itu permintaan yang tak keliru. Maklum, sebenarnya, melalui ketepatan dalam menentukan warna cat, Anda bisa membuat rumah kian nyaman. Jadi, permintaan bahwa warna cat rumah jangan selalu putih tersebut ada benarnya.

Ada beberapa pakem yang perlu Anda simak kala menentukan warna cat untuk rumah. Mari kita simak bersama.

Sesuaikan Warna dengan Ukuran Rumah

Dalam hal ini, untuk rumah ukuran kecil, pilihlah warna cat nan cerah, muda, ataupun terang. Maklum, warna seperti itu piawai memberikan kesan lapang sekaligus bersih. Nah, dalam hal ini, warna putih bisa dibubuhkan.

Gunakanlah warna terang itu di area publik—bukan area privat—seperti ruang tamu, juga ruang keluarga.

Sesuaikan Warna Cat dengan Style Interior

Contoh hal itu ada banyak. Semisal, kalau satu ruangan didominasi gaya modern minimalis, ya gunakanlah warna cat nan selaras dengan gaya itu. Antara lain warna-warna netral dan simpel. Juga warna abu-abu nan menorehkan suasana tenang dan cool.

Sesuaikan Pula Warna Cat dengan Selera Penghuni Ruangan

Pakem ini berlaku untuk ruang privat seperti kamar tidur dan ruang kerja. Semisal, tatkala sang anak menyukai cat warna krem, bubuhkanlah warna tersebut di kamar sang buah hati. Itu agar anak bisa mengekspresikan seleranya.

Walau begitu, kehati-hatian tetap diperlukan dalam mengekspresikan selera. Misal, warna cat biru tua sebaiknya hanya dibubuhkan di beberapa bagian walau sangat disukai. Maklum, warna tersebut menggaungkan kesan sempit bagi ruangan.

Sesuaikan Warna Cat dengan Cahaya Matahari

Untuk satu ruangan yang sering menerima sinar sang surya secara langsung, bubuhkanlah cat dengan warna sejuk, antara lain hijau dan abu-abu.

Adapun ruangan yang lebih sering mendapat sinar sang surya secara tak langsung pas menggunakan cat warna hangat seperti cokelat.

Sesuaikan Warna Cat dengan Tinggi Plafon

Bila plafon rumah Anda rendah, gunakan warna putih sehingga kesan lebih tinggi lahir. Sebaliknya, untuk plafon nan tinggi, ya bisa dibubuhi cat dengan warna gelap.

Sesuaikan Warna Cat dengan Fungsi Ruangan

Contoh hal ini, di kamar tidur bayi berusia kurang tiga tahun, bubuhkanlah warna cat nan piawai menorehkan ketenangan. Itu antara lain warna hijau muda. Warna nan memberikan ketenangan sangat pas karena sang bayi lebih banyak melewatkan waktu untuk tidur.

Sumber: Propertykita.com

Links:
Cat Ramah Lingkungan

0 comments:

Post a Comment

Twitter Facebook Favorites More

 
Design by WordPress | Lasantha - Premium Themes